Pahami Cara Kerja Serta Keuntungan Reksadana Syariah

08/06/18 : Juni 08, 2018
Baca Juga

Pahami Cara Kerja Serta Keuntungan Reksadana Syariah - Mayoritas penduduk muslim Indonesia bahkan menjadi Negara berpenduduk muslim terbesar di Dunia, rupanya telah menjadi target bidikan bagi yang sangat potensial bagi para pelaku bisnis untuk mengembangkan produk-produk berbasis syariah.

Indikasi tersebut dapat dicermati dengan meluapnya animo masyarakat terhadap berbagai produk investasi syariah yang ditawarkan oleh berbagai bank di Indonesia. Keinginan untuk menghindari berbagai hal yang mengarah pada riba inilah yang akhirnya banyak muslim Indonesia untuk lebih memilih lebel syariah.

Pahami Cara Kerja Serta Keuntungan Reksadana Syariah


Dengan perkembangan baik berbagai produk eknomi berbasis syariah tersebut maka admin alakita merasa penting untuk membuat tulisan atau artikel yang mengupas tuntas mengenai reksadana syariah meliputi cara kerja, dan apa saja keuntungan jika kita berinvestasi pada reksadana sayriah ini.

Apa itu Reksadana syariah?

Baiklah kita kupas secara perinci ya, Secara sederhana reksadana syariah dapat diartikan sebagai salah satu jenis investasi yang keseluruhan aturan dan perosesnya berdasarkan pada syarat halal. Maka dikenal istilah –istilah khusus diataranya untuk para pemilik modal (investor) diesbut dengan istilah rabb al-mal atau shabib al-mal. 

Ada beberapa keunggulan utama dari reksadana syariah diataranya yaitu dimana anda tidak perlu menyiapkan dana yang terlalu besar untuk memulai berinvestasi. Berikut ini adalah beberapa keuntungan yang patut anda pertimbangkan yang juga dapat dijadikan refresi penguat untuk anda memulai reksadan syariah ini.

Keuntungan Reksadana Syariah:

1.   Proses Mudah Juga Keamanan Terjamin
Pada dasarnya seperti reksadana yang lainya, reksadana syariah ini dapat anda beli melalui Agen Penjual Reksadana (APERD).  Kemudahan lain yaitu investasi kisaran besaranya mulai dari Rp.100.000 (seratus ribu rupiah) selain itu kemudahan reksadana syariah ini bisa debet secara online.

Lalu bagaimana reksadana syariah ini bisa dikatakan terjamin keamanannya . Karena dana (investasi) yang kita tanam akan dikelola oleh manager investasi yang memahami benar bagaimana cara memutarkan dana anda sehingga dapat menjadi keuntungan yang halal bagi anda. Sebab lainya yaitu dana kita tersimpan dengan aman pada bank custodian.

2.   Mengamankan Masa Depan Keuangan Anda
Investasi di reksadana syariah ini tergolong pada investasi jangka panjang. Sebagaimana kita tahu bahwa investasi ini memilki jangka waktu pendek, menengah dan jangka panjang. Untuk jangka pendek misalnya 1 tahun-an, untuk jangka menengah kisaran 3 tahun lebih, dan untuk jangka panjang sekitar 5 tahun ke atas.

Semakin lama investasi anda simpan maka jelas akan semakin besar keuntungan yang dapat anda rasakan. Untuk menjamin masa depan keungan anda reksadana syariah ini bisa disebutkan cara yang tepat dan aman karena, dapat dijadikan sebagai pembiayaan berbagai kebutuhan yang harus dibayar dengan jumlah uang yang besar. Seperti untuk membeli rumah, untuk biaya pendidikan anak , dan untuk membeli kendaraan.

Reksadan syariah merupakan cara yang tepat untuk memenej masa depan keunangan anda sekeluarga.
Mekanisme Serta Ciri dari Reksadana Syariah  
Sebelum anda memulai reksadana  syariah ini alangkah lebih baik jika anda paham betul bagaimana mekanismenya serta apa ciri-ciri dari reksadana syariah ini, agar tidak seperti kata bijak seperti membeli kucing dalam karung. Karena belakangan ini banyak tersiar kabar menjamurnya lembaga-lembaga investasi abal-abal. Untuk itu silahkan diteruskan membacanya ya agar anda terhindar dari investasi aba-abal tersebut.

Jika dalam pemikiran anda muncul pikiran bahwa, berinvestasi itu perlu dana yang begitu besar dan itu hanya bisa dilakukan oleh orang –orang milyader. Segera buang pikiran tersebut. Karena untuk berinvestasi pada reksadana syariah ini tak lagi memerlukan dana besar, hanya dengan 100 ribu rupiah anda sudah dapat  memulai berinvestasi.

Caranya pun begitu mudah selain bisa anda dapatkan melalui Agen Penjual Reksadana (APERD),  juga bisa anda dapatkan dengan cara pembelian secara online. Mudah sekali bukan?

Baik, sebelum anda memantapkan niat untuk berinvestasi pada reksadana syariah ini. Sebaiknya anda mengetahui ciri-ciri yang membedakan reksadana syariah dengan reksadana konvensional lainya.

Beberapa Ciri Dari Reksadana Syariah

1.   Terdaftar pada Daftar Efek Syariah
Point pertama yang harus anda cermati sebelum anda memulai investasi reksadana syariah adalah memastikan lembaga yang benar-banar tercantum pada list atau Daftar Efek Syariah. Tidak seperti resksadana konvensional untuk reksadana syariah ini dikeluarkan langsung lembaga Otoritas Jasa Keuangan (OJK)  melalui Daftar Efek Syariah (DES) .

Pada Daftar Efek Syariah (DES) ini akan tercantum nama dan jenis perusahaan yang syah memperjualbelikan reksadana syariah.  Sehingga keuntungan  atau pemasukan yang akan diterima pemilik modal dapat dipertanggungjawabkan kehallalannya  karena lembaga atau perusahaan pengelola dana investasi sudah benar –benar melalui verifikasi dari Dewan Pengawas Syariah (DPS)

2.   Diawasi Oleh OJK dan DPS
Ciri lainya dari reksadana syariah ini adalah selain diawasi oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) juga diawasi dengan ketat oleh DPS (Dewan Pengawas Syariah). Dalam badan Dewan Pengawas Syariah ini terdiri atas sekumpulan orang yang tugasnya mengawasi terkait dengan berbagai hal mengenai investasi syariah. Selain itu terdiri atas beberapa orang pemerrintah  yang terlibat di dalam DPS itu seperti dari OJK

3.   Adanya Proses Cleansing
Ciri lain yang membedakan reksadana syariah dengan reksadana konvensional yaitu adanya proses cleansing . Apa yang dimaksud dengan proses cleansing? Cleansing adalah proses pembersihan dari berbagai hal yang bisa mengganggu kehalalan dari keuntungan uang yang diraih selama proses invetasi berlangsung. Sehingga dari proses cleansing uang keuntungan yang didapat oleh pemilik modal, tidak serta merta masuk sebagai keuntungan pemilik modal akan tetapi akan diarahkan pada hal-hal yang bersifat amal.

Melalui proses cleansing ini diharapkan agar para pemilik modal mendapatkan keuntungan uang yang benar-benar hallal sehingga bisa menjadi lebih berkah. Terpenting dari itu adalah agar pemilik modal benar-benar terhindar dari riba.

Pahami, Rentang Waktu Investasi Reksadana Syariah

Hal lainya setelah anda memahami benar tentang pengertian reksadana syariah, keuntungan investasi reksadana syariah serta ciri-ciri reksadana syariah adalah anda harus memikirkan rentang waktu untuk memulai investasi reksadana syariah ini.

Sebagaimana telah diulas di atas bahwa anda harus memilih dan menentukan terlebih dulu tenggat waktu investasi anda sebelum mengawalinya. Kenapa harus demikian? Karena ketika anda menginvestasikan uang anda tidak akan dapat ditarik kembali senaknya kita. Ada aturan tertentu ketika uang (investasi) anda berputar dikelola oleh manager investasi
Tugas kita selaku investor adalah memilih berapa lama waktu yang akan anda pilih untuk menginvestasikan uang kita, tentunya kita harus memperhitungkan kebutuhan disinkronkan dengan pengelolaan keuangan anda.

Bagi anda yang berkeinginan berinvestasi jangka pendek misalnya saja di bawah 1 tahun, sebaiknya anda memilih jenis reksadana pasar uang syariah. Dengan memilih rentang waktu yang pendek akan membuat keuangan anda akan tetap berputar aman dan hallal.
Sedangkan untuk jangka waktu 1-3 tahun, pilihlah jenis reksadana pendapatan syariah. Dengan rentang waktu jangka menengah ini sangat memungkinkan uang modal dapat cukup waktu untuk berputar dan mendapatkan keuntungan yang relative lebih besar.

Sedangkan bagi anda yang memiliki modal yang relatif lebih besar sebaiknya memilih reksadana campuran. Dengan jangka waktu investasi 5 tahun, sangat memungkinkan anda mendapat keuntungan yang lebih besar.

Simpulan :
Ø Hal yang perlu dipahami adalah bahwa investasi adalah salah satu cara anda untuk meningkatkan nilai asset yang kita miliki.
Ø  Investasi reksadana syariah adalah cara kita menginvestasikan uang kita untuk mendapatkan keuntungan sebesar-besarnya denga cara aman dan hallal menurut syariat Islam.
Ø   Tidak ada lemabaga investasi yang benar-benar menjamin anda dari risiko kerugian, hal ini bisa dipengaruhi dampak langsung dari buruknya manager investasi, gejolak social, politik Negara, dab keterlambatan pencairan.
Ø    Pastikan terlebih dulu legalitas lembaga investasinya  jika anda berniat memulai main reksadana syariah.

Demikian artikel pembahasan Pahami Cara Kerja Serta Keuntungan Reksadana Syariah semoga dapat menjadi sumber referensi bagi anda yang akan memulai berinvestasi.  

Share Articles

Saat ini 0 comments :