8 Tips Terbaru Agar Pidato Anda Lebih Menarik dan Tidak Membosankan

09/04/18 : April 09, 2018
Baca Juga
8 Tips Terbaru Agar Pidato Anda Lebih  Menarik dan Tidak Membosankan  - Dalam kehidupan sehari-hari, pada berbagai kegiatan kita sering mendengarkan orang yang berpidato. Ada yang disampaikan secara resmi, ada juga yang disampaikan dalam situasi dan kondisi yang tidak resmi (non formal).

Lalu pernahkan anda menyimak orang  berpidato yang membosankan , suntuk bahkan  kita tidak pernah mengerti bahasa, diksi yang dilontarkannya. 

Malah seakan dia asik sendiri dengan materi pidato yang membosankan tersebut?

Pidato itu bukan hanya sekedar berbicara di depan banyak orang saja (audiens). Bahkan mungkin tidak semua orang mampu untuk melakukan hal yang satu ini dengan baik. 

Penyebabnya sangat beragam sekali salah satunya adalah banyak orang yang merasa tidak percaya diri untuk tampil di publik. 

Intinya bahwa berpidato itu harus juga memiliki seni (art of speech) agar pidato anda semakin menarik dan tidak menimbulkan kejenuhan bagi para audiennya.

Untuk dapat menarik perhatian para audiens disamping anda harus menyajikan materi pidato yang baik tentu saja anda juga harus berusaha :

Lakukanlah 8 Tips Berpidato Ini :
1.    Pilihlah topik  materi pidato anda dengan topik-topik yang segar.  Tentunya harus ada sedikit usaha dari anda untuk membaca,menyimak berita-berita terbaru atau mencari sumber refrensi yang terpercaya. 

Pe Pngetahuan tentang isu-isu terbaru yang berkaitan ekonomi, politik, social dfan kebudayaan tentunya harus sesuai juga dengan tema atau topik materi pidato yang akan anda sampaikan.

2.    Anda dapat mengawali pidato Anda dengan sebuah kutipan-kutipan baik itu dari kitab-kitab, dari sebuah data faktual, anekdot, kata mutiara (kuotasi) atau mungkin dengan cara mengajukan sebuah pertanyaan untuk para audiens. Langkah ini dilakukan agar mendapat perhatian audiens.

3.   Sebelum memulai berpidato sebaiknya Anda mengenalkan materi pidato yang akan di sampaikan dan mengakhirinya dengan simpulan sehingga audiens memahami benar materi pidato yang Anda sampaikan.

4.   Buatlah bahasa pengantar yang baik sehingga dapat menghubungkan auidens dengan topik atau tema pidato yang anda sampaikan. 
    
    Kalau diibaratkan kendaraan maka sebaiknya memanaskan mesin terlebih dahulu sebelum kendaraan tersebut digunakan, maka begitu pun ketika anda berpidato jangan serta merta langsung mengupas isi atau inti dari pidato anda.

5.   Sebaiknya anda menghindari penggunaan bahasa yang terlalu resmi (formal) agar pidato anda semakin mudah dicerna (dipahami) oleh audiens. 

D   Dalam hal ini sebaiknya Anda melakukan analisa terlebih dulu terhadap para audiens agar lebih dapat menggunakan bahasa yang sesuai dengan pengetahuan audiens. 

M  Misalnya ketika anda berpidato di hadapan yang para  audiennya rata-rata berpendidikan rendah, lantas jangan sesekali anda menggunakan diksi –diksi  yang sering anda ucapkan ketika sedang berpidato di hadapan para doktor atau professor misalnya atau orang –orang yang berpendidikan tinggi lainnya.

6.   Sisipkanlah humor-humor ringan terutama bila anda berpidato dalam waktu yang lama.  Karena terlalu fokus pada tema yang serius akan membuat suasana menjadi kaku dan cenderung membosankan. Tapi perlu dibatasi juga humor yang anda lontarkan jangan sampai mengganggu terhapad materi pidato anda.

7.     Perhatikan juga intonasi bicara Anda juga. Jangan terlalu cepat atau juga jangan terlalu lambat.
A   Artikulasi atau kejelasan kata-kata yang diucapkan juga menjadi salah satu faktor yang akan membuat pidato anda menarik dan tidak membosankan.

Itulah 8 tips yang dapat anda terapkan agar pidato anda lebih menarik perhatian para audiens dan tidak membosankan untuk disimak oleh audiens. 

Dan yang lebih terpenting bahwa anda harus benar-banar menguasai materi pidato yang akan disampaikan.

Semoga bermanfaat artikel ini bermanfaat untuk kita semua. Semoga !

Pencarian Terkait :
contoh pidato yang menarik perhatian, cara membuat pidato, tips dan trik pidato, teknik berpidato yang baik untuk menarik simpati pendengar, cara berpidato yang baik dan tidak membosankan, cara berpidato yang baik dan sopan, tata cara bepidato yang baik, bagaimana cara seseorang menyampaikan pidato secara baik.

Share Articles

Saat ini 0 comments :