Baca Juga
5 Model Pengajaran Menyimak Menurut Wilga M.
Rivers - Menyimak
merupakan salah satu dari kemampuan empat keterampilan berbahasa.
Unsur penting
serta fundamental ketika berlangsungnya interaksi komunikasi yaitu kemampuan
memahami informasi yang disampaikan oleh orang lain sebagai lawan atau teman
bicara.
Tidak sedikit kasus di kelas ditemukan adanya siswa yang kurang piawai
dalam menyimak, hal itu bisa saja diakibatkan dari ketidakmampuan seorang siswa
dalam pemusatan perhatiannya.
Menurut
Wilga M. Rivers menyatakan ada lima
model pengajaran menyimak untuk mencapai keberhasilan siswa dalam proses
menyimak.
Lalu
apa saja model pengajaran menyimak itu? Baiklah , sobat silakan lanjutkan
membacanya, ya !
5 Model Pengajaran Menyimak Menurut Wilga M
Rivers
1. Menyimak
Murni (aural)
a. Mengidentifikasi, membedakan ciri
gaya penutur, membedakan dialek/ idiolek), dan membedakan ragam bahasa dalam
percakapan, cerita/ drama, atau cerita dari radio.
b. Mengidentifikasi, memilih tanpa
retensi, menyimak guru atau teman menceritakan kejadian atau pengalaman pribadi
yang menarik.
c.
Mengidentifikasi,
menyeleksi dan retensi sempit, menyimak guru memberikan informasi mengenai
latar belakang seuatu cerita.
d. Mengidentifikasi, menyeleksi, dan
retensi luas, menyimak yang membacakan naskah sebuah lakon yang belum tahu/
dikenal sebelumnya.
2. Menyimak
dan Menceritakan
a. Mengidentifikasi , menyimak dan
merundingkan laporan lisan dari siswa lain
b.Mengidentifikasi dan memilih tanpa
pretense, menyimak sebuah cerita, selanjutnyamenceritakan kembali intisari
hasil simakan tersebut dengan kalimat-kalimat yang efektif secara lisan.
c.
Mengidentifikasi
, memilih dan retensi pendek, (a) menyampaikan saran, pendapat pada kata-kata
yang kurang pas dalam sebuah cerita, dan (b) yang dibacakan oleh teman.
d. Mengidentifikasi, memilih dan retensi
luas, menjawab pertanyaan setelah mendengarkan sebuah cerita panjang.
3. Menyimak
dan Mempraktikan
a. Mengidentifikasi , mendengarkan
cerita sederhana selanjutnya mengangkat tangan apabila salah satu unsur yang
ditentukan disebutkan.
b. Mengidentifikasi, memilih-milih tanpa
retensi, mendengarkan instruksi untuk menampilkan suatu hal.
c. Mengidentifikasi,
memilih-milih, dan retensi sempit, memperhatikan instruksi/ perintah untuk melakukan
suatu hal.
4. Menyimak
dan Menuliskan
a. Mengidentifikasi , menuliskan
(transkrip) sebuah rekaman yang belum pernah diedit
b. Mengidentifikasi, memilih-milih tanpa
retensi, menyimak satu bagian dialog, terus menuliskan (mengarang) yang
dibubuhi oleh menentukan konteks dan konklusi.
c. Mengidentifikasi,
memilih-milih dan retensi sempit. Menuliskan masalah kebudayaan yang baru
didiskusikan.
d. Mengidentifikasi, memilih-milih, dan
retensi luas. Menjawab pertanyaan setelah menyimak sebuah cerita atau wawancara
dan menuliskannya.
5. Mengidentifikasi,
Memilih-milih, dan Retensi Luas
a. Mendengarkan sebuah cerita, terus
melakukan gerakan tertentu sesuai dengan perintah
.
Pada
praktiknya kegiatan pengajaran, dapat dipilih salah satu yang telah dijelasakan
tadi, dapat juga dilakukan campuran (elektik). Pada utamanya yaitu seorang guru
harus memberikan informasi (menggunakan media) tertentu mengenai suatu hal (
informasi) dan bagaimana pada pelaksananya menurut jenis dan tahap aktivitas,
serta dilanjutkan dengan mempraktikannya (meragakan; demonstrasi).
Selain
itu dalam interaksinya seorang guru memberikan contoh pada siswa untuk
menirukan kembali dengan metode yang lebih kreatif. Begitu juga Tanya jawab
guru dengan siswa atau diskusi antar sesame siswa mengenai berlangsungnya
tahapan dalam jenis-jenis menyimak.
Nah,
itulah sobat artikel saya mengenai 5
Model Pengajaran Menyimak Menurut Wilga M Rivers. Semoga menjadi
inspirasi bagi para guru untuk selalu berinovasi dalam meningkatkan kemampuan
sisiwa terutama dalam keberhasilan siswa dalam menyimak.