11 Peluang Usaha Bagi Anda Yang Hidup Di Desa

02/06/18 : Juni 02, 2018
Baca Juga

11 Peluang Usaha Bagi Anda Yang Hidup Di Desa - Hiruk pikuk kehidupan di beberapa kota besar belakangan ini semakin menyesakkan. Kemacetan dan persaingan usaha terasa semakin ketat sehingga memicu berbagai kejadian kriminal sering yang terjadi di kota-kota besar. Namun bagi sebagian orang terutama para pemuda yang hidup di desa , kota besar seperti Jakarta merupakan sebuah harapan yang dianggap sebagai sebuah tempat yang dapat menjanjikan kesuksesan dalam menggapai segala cita-citanya.

11 Peluang Usaha Bagi Anda Yang Hidup Di Desa
Copyright :google.com

Memang tak dipungkiri bahwa kota metropolitan seperti Jakarta dan beberapa kota besar di Indonesia sampai saat ini masih bagaikan magnet yang dapat menyedot orang dari berbagai daerah (desa) untuk mencoba peruntungannya dalam mengubah nasib. Kita masih dapat menyimak berita,  terutama setelah liburan lebaran (mudik) mereka yang sudah hidup di Jakarta ketika mereka kembali ke Ibu Kota selalu mengajak sanak saudaranya yang di desa untuk merantau di Jakarta.

Hal ini mungkin saja berlaku bagi sebagian orang yang memilki kompetensi dan pengetahuan yang cukup. Namun bagi sebagai orang yang tak memilki keterampilan dibidangnya , mungkin kota besar hanya akan membuat hidup mereka lebih sengsara dibanding dengan mereka yang hidup di desa.

Pola pikir yang memandang bahwa kota besar hanyalah satu-satunya tempat usaha yang akan membuat kita sukses rupanya harus mulai disinggkirkan dari pikiran kita. Karena di desa pun masih banyak potensi yang dapat mengantarkan kita pada kesuksesan khususnya dalam bidang bisnis.

Untuk itu pada artikel ini saya akan membahasa beberapa jenis peluang usaha/ bisnis yang dapat anda jalankan di desa. Saya merasa yakin setelah anda membaca artikel ini, sedikit akan menghapus pikiran bahwa menjadi seorang pengusaha sukses hanyalah milik bagi mereka yang tinggal di kota besar saja.
Lalu peluang usaha apa saja yang dapat dikembangkan di Desa? Silahkan anda lanjutkan membaca bebarapa peluang usaha di desa, berikut ini :

1.     Beternak Kambing/ Sapi
Beternak kambing, domba atau sapi dapat menjadi pilihan untuk dijadikan peluang usaha atau bisnis anda yang berada di wilayah perdesaan. Lingkungan yang memungkinkan dengan masih luasnya lahan persawahan atau perkebunan ini sangat memungkinkan mudahnya dalam mencari pakan untuk ternak-ternak kita. Namun memang untuk jenis usaha bertenak sapi, kambing atau domba ini memerlukan waktu yang relative lama dan modal yang cukup besar. Namun untuk memulainya anda dapat mencoba beternak domba atau kambing karena tidak terlalu memerlukan modal yang begitu banyak dan waktu untuk pemeliharaan tidak terlalu lama. Modal untuk membeli kambing yang baru berumur 6 bulan atau 1 tahun mungkin hanya membutuhkan modal tak lebih dari 2 jutaan.

2.     Budidaya Ikan Balong
Jika anda memilki pekarangan yang cukup luas atau pun ada lahan yang memungkinkan untuk dibikin balong sebaiknya dimanfaatkan untuk mencoba peluang usaha di bidang budidaya ikan. Karena ikan adalah merupakan kebutuhan yang sangat pokok bagi orang-orang diperkotaan, kita bisa lihat berapa ribu rumah makan atau warung pecel lele yang tersebar di kota-kota. Ini tentu saja merupakan peluang yang sangat potensial yang harus segera kita manfaatkan selain dapat dipasok ke pasar-pasar juga kita dapat menghubungi para pemilik rumah makan/ warung pecel lele untuk menjadi pemasok untuk ikan/ ikan lele bagi mereka. Tinggal pilih saja jenis ikan yang akan anda akan budidayakan seperti ikan nila, ikan mas, atau ikan lele. Permodalan untuk budidaya ikan mungkin yang sangat membutuhkan modal lumayan besar adalah untuk biaya membuat balong , namun untuk masalah ini masih dapat disiasati dengan cara menyewa balong orang lain. Sedangkan untuk pengadaan bibit ikannya relative masih murah.

3.     Membuka Toko Obat Tanaman/ Agen Pupuk
Selain membuka peluang usaha /bisnis pada bidang budidaya ikan pilihan lainya yaiitu denga membuka toko obat tanaman atau menjadi agen pupuk. Tentu saja pilhan usaha ini sangat potensial ketika dibuka diwilayah perdesaan. Karena toko anda akan menjadi pilihan untuk mereka dibanding ketika mereka harus membeli pupuk dan beberapa obat tanaman ke kota yang jauh dan tentu saja harus mengeluarkan biaya lagi untuk ongkos kendaraan.

4.     Membuka Toko Handphone atau Menjual Pulsa
Lho masa di desa buka toko handphone? Kenapa tidak. Karena keberadaan handphone atau gaget untuk sekarang ini bukan lagi sebagai kebutuhan bagi orang-orang kota saja akan tetapi telah menjadi kebutuhan seluruh manusia baik di kota atau pun di daerah-daerah. Membuka usaha jualan handphone atau hanya menjual pulsa saja dapat dijadikan lahan bisnis di perdesaan. Karena bagi mereka yang membutuhkan handphone dan berbagai acsesoriesnya seperti casing ,baterai ,charger serta pulsa tidak lagi harus jauh-jauh pergi ke kota.

5.     Menjadi Pengepul Hasil Pertanian
Menjadi pengepul atau bisa disebut tengkulak sebutan di daerah saya adalah bandar untuk beberapa hasil pertanian seperti hasil palawija, buah-buahan, ubi, singkong, ini sangat potensial untuk dijadikan lahan bisnis bagi anda yang bertempat tinggal diperdesaan. Di desa saya pun banyak yang pengusaha yang sukses setelah terjun ke bisnis pengepul buah mangga gincu, namun diperlukan perhitungan yang cermat dan ditopang denga pengalaman, atau anda bisa belajar kepada mereka yang telah sukses usaha dibidang ini.

Untung modal bisnis dibidang ini memang memerlukan modal yang lumayan besar, namun anda bisa memulainya denga modal kecil dengan jumlah target pembelian yang tidak terlalu besar dulu.

6.     Ternak Itik dan Ayam Kampung
Selanjutnya peluang usaha yang dapat anda kembangkan di wilayah desa adalah ternak itik atau ayam kampung. Untuk ternak itik anda akan mendapatkan dua keuntungan selain dijual itiknya dapat juga dijual telurnya. Kemudian untuk ternak ayam kampung walaupun konsumsinya tidak sebanyak ayam buras tetapi konsumen ayam kampung tidak akan pernah sepi. Selain dipasok ke pasar-pasar di kota anda juga dapat memasarkannya kepada pemilik rumah makan atau kedai pecel lele.

7.     Menanam Sayuran dan Buah-Buahan
Selain membuka toko obat-obatan tanaman dan pupuk, lahan bisnis yang dapat dioptimalkan di pedesaan yaitu dengan menanam sayur-sayuran seperti ; kubis, kentang, wortel, cabe rawit, dll dan juga menanam berbagai buah-buahan seperti manggis, mangga, apel, stroberi dll. Masih luasnya lahan pertanian di Desa sangat memungkinkan untuk membuka usaha ini, untuk hasilnya selain dijual di kampung sendiri dapat juga dijual ke pasar tradisional dan pasar swalayan di kota-kota.

8.     Membuka Toko Bahan Bangunan
Membuka toko bahan bangunan di Desa merupakan salah satu alternatif yang dapat dijadikan lahan bisnis anda. Karena kebutuhan berbagai bahan bangunan merupakan kebutuhan manusia baik di kota maupun di desa. Untuk membeli bahan bangunan skala kecil misalnya paku, semen, cat, kayu, kuas, dll orang –orang di desa tidak perlu jauh-jauh belanja ke kota.

9.     Membuka Warung Kelontong dan Bahan Sembako
Ide untuk membuka warung/ kios atau toko kelontongan di Desa merupakan ide bisnis yang sangat bagus, jika memang sudah banyak yang membuka bisnis ini anda dapat membukanya dengan konsep yang lain dari yang lain. Anda dapat menyediakan kebutuhan sehari-hari seperti beras, bumbu-bumbu dsb.

10. Membuka Usaha Kuliner
Membuka usaha kuliner seperti membuat kue-kue jajanan pasar, rempeyek, dan lain sebagainya yang berhubungan dengan kuliner tradisional. Dengan sedikit berinovasi mungkin saja kue-kue buatan anda dapat terkenal. Asal dikemas denga kemasan yang dapat mencuri perhatian para calon pelanggan,

11. Membuka Desa Wisata
Untuk rencana membuka desa wisata ini ada dapat bermusyawarah dengan pihak desa dan seluruh masyarakat desa untuk mencari titik-titik tempat yang dapat dijadikan sebagai potensi atau destinasi wisata di desa anda. Karena dari kegiatan pariwisata di desa akan dapat menggerakan perekonomian rakyat sekitar, seperti warga dapat berjualan minuman, makanan, marchedais  dan beberapa produk hasil karya masyarakat desa, baik berupa kuliner atau pun karya lainnya.

Demikian bahasan saya tentang 11 Peluang Usaha Bagi Anda Yang Hidup Di Desa, semoga tulisan ini bermanfaat untuk semua.
Semoga !

Share Articles

Saat ini 0 comments :