6 Jenis Yoga Serta Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh Anda

23/05/18 : Mei 23, 2018
Baca Juga

6 Jenis Yoga Serta Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh AndaSalah satu olahraga yang pamornya semakin cemerlang pada beberapa tahun belakangan ini yaitu olahraga  Yoga. Arti kata yoga itu sendiri berasal dari bahasa Sansakerta yaitu Yuj yang berarti penyatuan antara jiwa dengan kesadaran yang bisa membawa jiwa pada kesadaran yang lebih luas pada Tuhan.


Secara sederhana olahraga Yoga bisa diartikan sebagai salah satu cara untuk membawa kembali  jiwa dan raga manusia kedalam keadaran
 
6 Jenis Yoga Serta Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh Anda
Copyright :masterkidsseo.blogspot.com
Olah raga yang berkembang sejak 10 ribu tahun silam di India ini, merupakan aktivitas fisik dengan melibatkan meditasi melalui teknik pernapasan, peregangan, keseimbangan serta kelenturan tubuh guna mencapai keharmonisan dan keselarasan  antara jiwa, emosi, spiritual, mental dengan tubuh manusia.
Yoga sangat banyak manfaatnya bagi kesehatan tubuh dan mental manusia. 

Akan tetapi sebelum membahas manfaat dari olahraga yoga ini, anda juga mengetahui jenis-jenis dari Yoga ini.

Inilah 6 Jenis Yoga :

1.   Yoga Kundalini
Kundalini dalam bahasa Sansakerta bisa diartikan sebagai gulungan, menyerupai gerak ular yang fleksibel. Yogo kundalini ini dengan cara menggabungakan  beberapa rangakian gerakan meditasi  dengan nyanyian yang diciptakan untuk dapat membangkitkan tenaga dalam yang letaknya dibagian bawah tulang belakang tubuh.

2.   Yoga Iyengar
Jenis olahraga yoga yang menerapkan penggunaan benda-benda seperti ; tali, bantalan, selimut, kursi untuk membentuk postur tubuh.

3.   Yoga Hatha
Untuk jenis yoga hatha lebih cenderung kepada aspek-aspek fisik dibanding pada aspek mental. Pada yoga hatha diawali dengan kelas pengantar, postur dasar yoga, samapi tekknik pernapasan.

4.   Yoga Power
Jenis Yoga power merupakan jenis yoga yang menantang dan dinamis. Yoga ini diadaptasi dari jenis yoga ashtanga tradisional tahun 80-an.

5.   Yoga Ashtanga
Untuk anda yang memilki sendi dan otot yang lemah sebaiknya jangan dulu mengikuti kelas yoga ashtanga ini. Karena, pada jenis yoga yang satu ini ada 6 seri gerakan pada postur-postur  yang kuat dan juga  cukup menantang

6.   Bikram
Ada keunikan pada Yoga jenis Bikram ini yaitu harus dilakukan dalam suatu ruangan yang suhunya yang panas sekitar 40 derajat celcius dan pada kelembapan 40%. Pada yoga bikram ada 26 gerakan ditambah 2 rangkaian pernapasan.

Silakan untuk memlih salah satu jeni yoga yang paling cocok sesuai dengan kondisi dan kebutuhan anda. Karena dari 6 jenis yoga tersebut memilki kontinuitas dan manfaat masing-masing.

Jika, Olahraga yoga jika dilakukan dengan kontiu dan tapat akan mendatangkan berbagai manfaat untuk kesehatan tubuh kita baik secara fisik atau pun secara fiskis. Lalu manfaat apa saja yanga akan diperoleh dari yoga ini?

Berikut beberapa manfaat yoga bagi kesehatan tubuh kita. Silahkan dilanjut bacanya, ya !

Manfaat Yoga Untuk Kesehatan Tubuh :

1.    Sebagai rileksasi bagi otot tubuh setelah olahraga
2.    Dapat melegakan/melancarkan pernapasan anda
3.    Dapat menjaga keseimbangan metabolisme tubuh
4.    Dapat membentuk otot
5.    Dapat meningkatkan kesehatan mental seperti  mengurangi stress, depresi  
       dan  gangguan tidur
6.    Bermanfaat untuk menjaga kebugaran tubuh anda
7.    Bisa mengatur berat badan anda
8.    Dapat meringankan nyeri dan cedera
9.    Dapat mencegah dan mengobati masalah kesehatan seperti         
       penyakitjantung, tekanan darah tinggi, asma, dan arthritis.

Walapun olahraga yoga merupakan olah raga yang aman untuk dilakukan oleh setiap orang atau low intensity namun sebaikanya untuk wanita yang sedang hamil dan pengidap tekanan darah tinggi sebaiknya dikonsultasikan dulu dengan dokter.

Itulah artikel  yang membahas tentang 6 Jenis Yoga Serta Manfaatnya Untuk Kesehatan Tubuh Anda. Semoga dapat bermanfaat untuk pembaca semua.



Share Articles

Saat ini 0 comments :