5 Kebudayaan Unik Suku Mentawai

29/05/18 : Mei 29, 2018
Baca Juga

5 Kebudayaan Unik Suku Mentawai - Keunikan budaya yang dimiliki oleh penduduk Suku Mentawai merupakan salah satu dari ribuan kekayaan seni dan budaya yang dimiliki bangsa Indonesia. Keberagaman kebudayaan Indonesia tersebut meliputi seni, adat istiadat, bahasa, agama/kepercayaan dan kesenian. Bahkan menurut catatan dari sensus penduduk pada tahun 2010 saja ada sekitar 1340 ribu suku bangsa yang ada di Indonesia.

Untuk bahasan kali ini admin akan menyajikan artikel tentang kebudayaan unik yang ada hanya di Suku Mentawai. Suku Mentawai adalah salah satu suku bangsa yang mendiami kepulauan Mentawai, Provinsi Sumatera Barat. Selain itu juga Suku Mentawai banyak tersebar mendiami Pulau Pagai bagian Utara dan Selatan.

Mata pencaharian penduduk Suku Mentawai sebagian besar adalah bercocok tanam (petani), namun pada jaman dahulu mata pencaharian mayoritas mereka adalah seorang peramu. Suku Mentawai termasuk kedalam kelompok budaya proto-Melayu.

Apa saja kebudayaan Suku Mentawai ? Kebudaayan yang dimiliki oleh penduduk Suku Mentawai banyak ragamnya yang unik hampir tidak ditemukan pada suku-suku lain di Nusantara.

Admin akan mengulas secara singkat, beberapa budaya unik yang hanya dimiliki oleh Suku Mentawai, sebagai berikut :

5 Kebudayaan Unik Suku Mentawai

1.    Tradisi Budaya Perkawinan Suku Mentawai

5 Kebudayaan Unik Suku Mentawai
cofyright :google.com

System perkawinan dalam Suku Mentawai memiliki tradisi pernikahan yang unik dengan memiliki dua system pernikahan, yaitu :
a.    Penikahan rusuk yaitu tradisi perkawinan dimana proses tersebut dilakukan ketika pasangan tersebut masih usia muda. Proses perkawinan rusuk ini tanpa disertai dengan upacara kebesaran, ketika anak-anak mereka lahir akan di titipkan kepada orang tua mereka dalam satu uma. Biasanya pasangan perkawinan rusuk ini akan mendiami rumah rusuk dengan tanpa adanya benda-benda keramat atau benda-benda suci.
b.    Pernikahan sakral; yaitu dapat dikatakan bahwa perkawinan ini merupkan proses perkawinan yang resmi, karena disertai dengan serangkaian upacara-upacara kebesaran. Pasangan yang boleh melakukan perkawinan sacral adalah bagi paangan yang telah melalui proses perkawinan rusuk dengan umur pasangan tersebut biasanya setelah berusia 40 tahun. Setelah melangsungkan riual upacara kebesaran mereka akan langsung mendiami suatu ruangan dalam uma atau membuat uma yang baru lengkap dengan benda-benda suci atau keramat. Rumah tersebut bernama rumah lalep.dan bertindak sebagai kepala lalep adalah suami.

2.    Rumah Adat Suku Mentawai

5 Kebudayaan Unik Suku Mentawai
cofyright :google.com

Keunikan lainya yang dimilki oleh kebudayaan Suka Mentawai yaitu dari rumah adatnya. Dalam kebudayaan suku Mentawai dikenal ada tiga jenis rumah yang dikelompokan berdasarkan fungsinya, yaitu :
a.    Uma yaitu ; sebuah bentuk rumah panggung yang sangat besar yang berfungsi sebagai tempat menginap bersama dari beberapa kepala rumah tangga. Selain itu Uma ini berfungsi sebagai tempat untuk melakukan pertemuan keluarga serta perembahan. Di Uma inilah beberapa benda keramat dan suci disimpan atau beberapa tengkorak hasil buruan. Uma akan dipimpin oleh seseorang yang berjulukan Rimata.
b.    Rusuk, adalah merupakan rumah adat suku Mentawai yang difungsikan untuk berkumpulnya janda, anak-anak muda dan orang-orang yang diusir dari kampung.
c.    Lalep, rumah adat suku Mentawai yang dikhususkan bagi mereka (pasangan rumah tangga) yang telah melakukan pernikahan resmi adat Mentawai. Lalep selain berada di dalam Uma dapat juga didirikan di sekitar luar Uma.

3.    Tradisi Tato Tubuh Penduduk Mentawai

5 Kebudayaan Unik Suku Mentawai
cofyright :google.com

Konon tradisi mentato tubuh bagi penduduk suku Mentawai ini merupakan sejarah tato manusia tertua di dunia. Tato atau tati dipercaya oleh orang suku Mentawai agar kelak setelah mereka meninggal akan saling mengenal dengan para leluhur mereka (suku Mentawai). Bagi orang suku Mentawai tato adalah merupakan busana abadi mereka, juga sebagai media komunikasi sekaligus sebagai identitas atau jati diri untuk membedakan status social di masyarakat suku Mentawai.

4.    Tradisi Gigi Runcing Perempuan Suku Mentawai

5 Kebudayaan Unik Suku Mentawai
copyriht:google.com

Selain adanya tradisi untuk mentato seluruh tubuh dari ujung kaki hingga kepala bagi orang Suku Mentawai, ada pula tradisi unik yang ada dalam budaya suku Mentawai yaitu tradisi meruncingkan gigi bagi para perempuan. Gigi runcing tradisi perempuan mentawai ini merupakan sebuah symbol kencantikan perempuan. Dimata kaum lelaki Mentawai semakin runcingnya gigi seorang perempuan maka akan dianggap semakin cantik. Selain itu ada kepercayaan bagi perempuan mentawai bahwa gigio runicing mereka sebagai symbol antara roh dan jiwa mereka.

5.   Sistem Kepercayaan Suku Mentawai

5 Kebudayaan Unik Suku Mentawai
copyright :google.com

Keunikan budaya suku Mentawai lainya yaitu pada system kepercayaan dimana mereka menganut kepercayaan animism yaitu mereka sangat mempercayai akan roh-roh. Upacara adat keagamaan dalam suku Mentawai dikenal dengan upacara arat sabulungan. Upacara adat keagamaan arat sabulung ini dipimpin oleh seorang Kerei atau dukun, untuk menghormati roh-roh yang mendiami benda pusaka dan peran-peran tertentu., diantaranya yaitu ;
-       Taikbagakoat, adalah roh yang dapat melindungi berbagai macam binatang laut
-       Taikabaga, dipercaya sebagai roh yang hidup di dalam tanah
-       Taikamanua, dipercaya sebagai roh yang hidup di langit dan udara
-       Taikaleleu , roh yang dapat melindungi macam-macam binatang yang hisup di darat.
-       Taikapolak, roh yang bertempat tinggal di bumi.

Demikian paparan tentang 5 kebudayaan unik Suku Mentawai, semoga bermanfaat dan menambah apresiasi kita pada kekayaan seni dan budaya Nusantara.


Share Articles

Saat ini 0 comments :