12 Pola Amalan Sehat Lahir Batin Saat Puasa Ramadhan

07/05/18 : Mei 07, 2018
Baca Juga

12 Pola Amalan Sehat Lahir Batin Saat Puasa Ramadhan - Pada wujud seorang manusia terdapat empat yang melebur menjadi kesatuan yang keempat unsure tersebut tidak dapat dipisahkan, unsur tersebut yaitu qolbu, otak, ruh inderawi dan bentuk fisik seorang manusia. 

Kemudian secara bentuk fisik terdapat bebargai unsure yang terdiri suatu system yang begitu rumit, seperti system eksresi, pencernaan, peredaran darah, otot tulang dan daging, system reproduksi, system imunitas tubuh manusia, dll.

Kesemua unsur yang terdapat pada wujud seoarang manusia dapat dikontrol oleh kerja otak yang terhubung dengan potensi qolbu. 

Maka disini perlu adanya qolbu yang sehat karena sangat perpengaruh terhadap kesemua system yang begitu rumit dalam tubuh manusia baik secara fisik atau non fisik.

12 Pola Amalan Sehat Lahir Batin Saat Puasa Ramadhan

Pengendalian tersebut diantaranya dapat dilatih dengan melakukan berpuasa selama satu bulan penuh pada bulan Ramadhan ini. 

Karena puasa ramadhan dapat bermanfaat untuk sarana latihan pengendalian diri, mengatur ritme pola kehidupan pada siklus sirkadian, proses perbaikan nutrisi dalam tubuh, serta sebagai proses pengenalan akan fitrah seorang manusia.

Untuk pencapaian kesuksesan saat kita berpusa di bulan ramadhan agar mencapai makna sesungguhnya yang hendak dicapai dari puasa yang sesungguhnya, maka ada beberapa pola yang harus kita bedakan dengan hari-hari biasa yang tentunya sebagai salah satu pemanfaatan keistimewaan bulan suci ramadhan yang penuh ini.

Baikalah pola tesebut yang akan saya bahas dengan dalam artikel :

12 Pola Amalan Sehat Lahir Batin Saat Puasa Ramadhan

1.    Bagaimanapun juga tidur adalah seuatu kegiatan yang menjadi yang sudah menjadi hak tubuh manusia untuk dapat beristirahat dari bebagai kegiatan dalam 24 jam ritme pola kehidupan manusia. Untuk tetap menjaga kesehatan tubuh sebaiknya kita tetap menjaga pola tidur yang sehat pada saat bulan ramadhan dengan cara segeralah tidur setelah menunaikan shalat tarawih.

2.    Saat bangun tidur pada sepertiga malam untuk menunaikan shalat qiyyamul lail dan sebaiknya kita minum air putih sekitar 2 gelas atau sekitar 400 cc. Kemudian dilanjutkan dengan kegiatan tadarus Al-Quran. Hingga menjelang waktuny sahur tiba.

3.    Sebelum melaksanakan makan sahur sebaiknya minum, dengan minuman seperti jus anggur, jus nenas, jus apel atau yoghurt.

4.    Untuk menjaga aspuan gizi yang seimbang sebaiknya pada saat makan sahur dahulukan  mengkonsumsi menu ikan, daging atau telur. Kemudian setelah itu dilanjutkan mengkonsumsi sayur dan buah-buahan dan ditutup dengan minum susu, air the atau kopi ( yang biasa minum kopi).

5.    Sebaiknya tidak tidur kembali setelah melaksanakan shalat subuh, isilah waktu ini dengan melakukan olagraga ringan disekitar halaman rumah seperti jalan-jalan santai, rileksasi atau bersih-bersih halaman rumah.

6.    Lakukanlah shalat Dhuha bila sedang tidak bekerja (ditempat kerja) maka sebaiknya waktu ini dimanfaatkan untuk silaturhami, membaca buku pengetahuan ,dll

7.    Kemudian lakukanlah shalat dzuhur tepat waktu sebaiknya melakukannya dengan selalu berjamaah di Mesjid karena bulan ini merupakan bulan latihan kedisiplinan agar setelah ramadhan berlalu kebiasaan baik tersebut tetap terjaga.

8.    Setelah shalat dzuhur kemudian diteruskan dengan kegiatan tadarus quran , kegiatan ini bisa dilaksanaan di mesjid atau pun di rumah. Kalau memungkinkan ajaklah seluruh keluarga kita untuk melakukannya secara bersama-sama.

9.    Menjelang shalat Asar tiba kemudian lakukanlah shalat Asar berjemaah.
10. Setelah shalat Asar , tentunya bagi ibu-ibu waktu tersebut banyak kegiatan di dapur untuk mempersiapkan menu berbuka puasa. Namun setelah itu bisa diisi dengan melakukan kegiatan olagraga kecil seperti jogging atau ngabuburit.

11. Ketika waktu berpuasa tiba sebaiknya awalilah dengan minum air putih kmudian makanan manis (disarankan kurma), setelah itu melakukan shalat Maghrib. 

Baru setelah shalat Maghrib dilanjutkan dengan santap berbuka puasa. Sebaiknya dengan menyajikan menu-menu yang bernutrisi baik.

12. Beberapa menit menjelang waktu shalat Isya tiba sebaiknyaa ajaklah seluruh keluarga kita untuk melaksanakan kegiatan shalat Isya berjemaah dilanjutkan dengan kegiatan shalat Tarawih.

Demikian, artikel tentang 12 Pola Amalan Sehat Lahir Batin Saat Puasa Ramadhan semoga bermanfaat untuk para pembaca. Juga semoga amal ibadah puasa kita diterima Alahh SWT . Amiin !


Share Articles

Saat ini 0 comments :