Pengertian dan Manfaat Media Pembelajaran Bagi Guru dan Siswa

29/04/18 : April 29, 2018
Baca Juga
Pengertian dan Manfaat Media Pembelajaran Bagi Guru dan Siswa- Pengertian media berasal dari bahasa Latin dari kata medium, yang secara harfiah media memiliki arti segala bentuk /hal yang dapat mengalirkan informasi dari sumber informasi kepada yang menerima informasi tersebut.

Menurut Gagne (1970) mengartikan media sebagai bagian dari komponen yang ada di lingkungan siswa yang dapat membangkitkan kemauan untuk belajar. 

Sedangkan menurut Arif Sadirman, dkk (1993:7), media pembelajaran yaitu segala hal yang dapat digunakan untuk menyampaikan pesan dari pengirim kepada penerimanya, yang dapat merangsang pikiran, rasa, kemauan , dan minat siswa yang dapat menimbulkan keberlangsungan proses belajar.

Secara singkat dapat dikatakan bahwa media pembelajaran  yaitu media yang digunakan yang meliputi alat bantu guru dalam mengajar  dan sarana yang dapat menyampaikan pesan belajar (siswa). 

Jikalau program media didesain dan dikembangkan dengan baik, maka fungsi media dapat mewakili guru dalam menyampaikan imformasi belajar siswa walaupun guru tidak ada.

Penggunaan media pembelajaran dapat mempermudah siswa untuk memahami terhadap sesuatu yang abstrak sehingga menjadi nyata. 

Karena siswa belajar meliputi tiga tahap yaitu tahap enaktif, ikonik dan simbolik.

Pada tahap enaktif siswa dapat belajar dengan cara memanipulasi benda-benda nyata. Kemudian pada tahap ikonik, yaitu suatu tahap belajar siswa dengan cara menggunakan gambar atau vidieo. 

Sedangkan pada tahap simbolik , yaitu tahap cara belajar siswa dengan cara menggunakan symbol-simbol.

Manfaat Media Pembelajaran

Manfaat media pembelajaran secara umum, yaitu melancarkan interaksi antara guru dan siswa agar proses belajar mengajar dapat lebih efektif dan efesien. Sedangkan manfaat media pengajaran secara khusus yaitu :

1.   Dapat Menyampaikan Materi Ajar Secara Sama
Dengan menggunakan media yang sama ini dapat mencegah adanya perbedaan penafsiran antar guru, hal ini secara langsung dapat mencegah ketidakseimbangan informasi dimana saja siswa berada.

2.   Proses Belajar Lebih Jelas dan Menarik
Dengan adanya media dapat menyampaikan informasi dengan suara, gambar, gerakan, dan warna, baik secara alami atau secara dimanipulasi, agar membantu guru untuk menciptakan suasana belajar yang lebih aktif (tidak monoton) dan tidak membosankan.

3.   Proses Belajar Lebih Interaktif
Dengan adanya media pembelajaran akan terbangun komunikasi dua arah secara aktif.

4.   Efesiensi Waktu dan Tenaga
Dengan menggunakan media pembelajaran tujuan pengajaran akan secara mudah dicapai dengan maksimal. Dengan menggunakan waktu dan tenaga seminimal mungkin, guru tidak usah beberapa kali menerangkan materi ajar, cukup sekali menyampaikan disertai dengan media pembelajaran siswa akan lebih gampang memahami materi ajar.

5.   Dapat Meningkatkan Kualitas Hasil Belajar Siswa
Dengan menggunakan media pembelajaran siswa akan lebih memahami materi ajar secara menyeluruh yang disampaikan guru dibanding dengan hanya menerima materi ajar secara verbal saja. Kalau hanya mendengarkan penjelasan verbal dari guru biasanya siswa kurang mampu menerima materi ajar, tapi jika dilengkapi dengan kegiatan melihat, meraba, merasakan, dan mengalami sendiri lewat media siswa akan lebih paham pada meteri ajar yang disampaikan seorang guru di kelas.

6.   Memungkinkan Proses Belajar Dilakukan Dimana Saja dan Kapan Saja
Media pembelajaran dapat merangsang siswa untuk melaksanakan kegiatan belajar dimana saja dan kapan saja, tidak tergantung kepada guru.

7.   Menumbuhkan Sikap Positif Siswa Pada Materi Ajar dan Proses Belajar
Proses belajar siswa akan lebih menarik serta akan banyak memotivasi siswa menyukai pengetahuan serta siswa kreatif mencari sendiri sumber-sumber ilmu pengetahuan.

8.   Peran Guru Semakin Produktif
Seorang guru dapat berbagi peran dengan media supaya lebih banyak waktu untuk memberikan perhatian pada aspek-aspek edukatif lainya, seperti membantu siswa yang kesulitan belajar, membangun kepribadian, memotivasi belajar siswa, dll.

Simpulan :
Media pembelajaran  penting sekali untuk membantu siswa menerima konsep baru, kecakapan dan kompentesi lainya. Seorang guru harus kreatif dalam memilih dan mengahdirkan media pembelajaran sehingga suasana belajar akan lebih menarik sehingga siswa dapat berperan aktif.

Demikian artikel mengenai pengertian dan manfaatmedia pembelajaran bagi guru dan siswa. Semoga artikel singkat ini dapat bermanfaat untuk semua. Semoga !

Share Articles

Saat ini 0 comments :