Khasiat Daun Kelor, Tenyata Bisa Mengobati Berbagai Penyakit

04/04/18 : April 04, 2018
Baca Juga

Segudang kahsiat dan manfaat dari tumbuhan peredu ini, memang dari dulu kita sering mendengar konon bahwa tumbuhan kelor ini dapat menangkal serangan ilmu sihir. Dan ternyata selain itu menurut beberapa penelitian kedokteran bahwa daun kelor dapat mencegah dan mengobati berbagai penyakit.

Jika pepatah bijak mengatakan ‘ dunia ini tak selebar daun kelor’ yang pada kenyataannya memang daun kelor ini memliki bentuk sangat kecil. Oleh para ilmuwan pohon ini dijuluki dengan pohon ajaib.

Beberapa penelitian mengenai manfaat daun kelor bagi kesehatan tubuh dilakukan sejak sekitar 1980, penelitian pertama hanya meneliti bagian daun kemudian kulit batang dan pada buah dan biji kelor.

Khasiat Daun Kelor, Tenyata Bisa Mengobati Berbagai Penyakit
image : wikipedia

Bahkan organisasi kesehatan dunia (WHO) sangat menganjurkan untuk bayi dan anak-anak pada masa pertumbuhan mengkonsumsi daun kelor. Karena banyak mengadung nutrisi yang terkandung. Diantaranya yaitu :

-          Kalium 4 kali lebih tinggi dari pada yang terkandung pada susu
-          Potassium 3 kali lipat dari buah pisang
-          Vitamin C , tujuh kali lebih tinggi dari jeruk
-          Protein dua kali lipat dari pada susu
-          Vitamin A lebih banyak empat kali dari pada wortel
Lalu manfaat apa lagi dari kandungan nutrisi pada daun kelor? Silakan bacanya dilanjutkan ya, !

Berbagai Manfaat Daun Kelor Bagi Tubuh Manusia

1.       Untuk Kesehatan Mata
Nutrisi yang terkandung pada buah kelor yang begitu tinggi , sehingga daun kelor sangat baik untuk menjaga kesehatan mata kita. Agar selalu jernih dan terhindar dari penyakit mata seperti mata plus, katarak, minus, silinder,dll. Caranya sangat mudah hanya dengan rutin mengkonsumsi daun kelor setelah dicuci bersih terlebih dahulu.

2.       Untuk Kesehatan Ginjal
Karena daun kelor sangat banyak mengandung gizi dan nutrisi tinggi maka ketika kita mengonsumsi makanan yang sehat (rendah lemak) ini artinya akan sangat baik untuk kesehatan ginjal kita. Dengan mengkonsumsi daun kelor secara teratur akan mengembalikan kesehatan ginjal yang kondisinya sudah tidak baik.

3.       Sebagai Obat Rematik
Mengkonsumsi daun kelor dapat mengurangi sakit persendian dan dapat mengurangi penumpukan asam urat dalam persendian. Selain itu dapat mengobati pegal-pegal ,linu, dan rasa nyeri.

4.       Sebagai Obat Anti Kanker
Hasil studi tentang penyakit kanker, pada jurnal “ Food and Chemical Toxinology” ternyata ekstrak daun kelor mamapu menghambat pertumbuhan sel kanker serviks. Kandungan anti oksidan pada daun kelor begitu tinggi dan kandungan potassium maka dapat disimpulkan bahwa daun kelor mamapu meghambat reproduksi sel-sel kanker pada tubuh manusia.

5.      Untuk Kesehatan Kulit
Kandungan anti oksidan serta vitamin C yang terkandung dalam daun kelor begitu sangat tinggi sehingga daun kelor dapat menjaga kesehatan kulit manusia. Jika dikonsumsi secara rutin anda akan terhindar dari jerawat dan memiliki kulit yang halus.

6.      Dapat Menurukan Kolesterol dan Tekanan Darah
Dalam daun kelor terdapat suatu zat yang disebut zat hiocarbamate glikosida , nitrlle serta glikosida minyak mustard yang manfaatnya yaitu untuk menurunkan tekanan darah, menjaga kadar darah dan mencegah kolesterol.

7.      Kesehatan Pencernaan Untuk
Pada daun kelor mempunyai  sifat anti inflamasi, ini berguna untuk mencegah bahkan mengobati sakit maag, kerusakan ginjal, infeksi, penyakit hati. Juga dapat digunakan untuk mengatasi penyakit batu ginjal, sembelit, infeksi saluran kemih.

8.       Dapat Mengatasi Diabetes
Kandungan seng pada daun kelor menurut salah satu penelitan daun kelor bisa dijadikan insulin alami untuk mengatasi penyakit diabetes.

9.       Dapat Mencegah Penyakit Jantung
Hasil dari penelitian bahwa daun kelor dapat memberikan mafaat untuk kesehatan jantung manusia.

10.   Untuk Menjaga Berat Badan
Daun kelor mampu merangsang metabolism tubuh supya tetap seimbang. Hingga memperkuat system kekebalan tubuh kita.

11.   Untuk Kecantikan
Pasta daun kelor muda dapat dijadikan bahan masker untuk kecantikan wajah.

12.   Sebagai Anti Oksidan
Ada beberapa kandungan campuran  asam aminoessensial, fitonutrien karotenoid, anti oksidan quercetin, juga senyawa anti bakteri alami yang berfungsi seperti obat anti imflamasi.

13.   Memperlambat Penuaan
Suplementasi pada kandungan daun kelor dapat menyebabkan peningkatan secara signifikan terhadap senyawa antioksidan yang berperan untuk memperlambat efek penuaan.

14.   Untuk  Kesehatan Otak
Kandungan antioksidan dan senyawa tiroid pada daun kelor bermanfaat untuk menjaga energy tubuh untuk mencegah dari kelelahan , depresi, suasana hati yang buruk, dan insomnia.

15.   Perlindungan Tubuh Dari Bakteri
Dari beberapa penelitian daun kelor dapat mencegah produksi bakteri yang berbahaya bagi tubuh seperti, staphylococcus aureus, pseudomonas aemeenyesalnosa, enterobacter aerogeneses dan echerichaia coil.

16.   Bantuan Arthritis
Khasiat dau kelor yang lainnya yaitu dapat membantu mengurangi peradangan dan juga rasa sakit pada tubuh.

17.   Mencukupi Gizi Ibu Menyusui
Daun kelor banyak mengandung protein seperti zat besi dan vitamin C juga terdapat unsure flavonoid yang membantu produksi susu untuk ibu saat menyusui.  Untuk ibu baru melahirkan dan wanita menstruasi sangat dianjurkan karena daun kelor banyak mengandung zat besi.

18.   Dapat Menghilangkan Flek Pada Wajah
Daun kelor banyak mengandung nutrisi seperti kalsium dan mineral seperti tembaga, besi, zinc, magnesium, mangan, dan silica yang berguna untuk mengangkat sel kulit mati sehingga dapat memberseihkan kulit.

Wow, ternyata banyak sekali khasiat Daun Kelor yang terkadang kita abaikan selama ini. Saya yakin setelah kita  tahu kahasiat / manfaat dari tumbuhan kelor ini anda akan segera menanamnya. Selain untuk kesehatan  (apotik hidup) juga berfungsi untuk penghijauan.
Semoga bermanfaat untuk kita semua. Semoga !


Sumber: kesehatantubuh-tips.blogspot.com



Share Articles

Saat ini 0 comments :