Manfaat Bawang Putih Dapat Mengobati Berbagai Penyakit

09/03/18 : Maret 09, 2018
Baca Juga

Bawang putih? Siapa yang tak mengenal rempah yang satu ini, dengan nama ilmiah Allium sativum. Apalagi bagi ibu-ibu, mereka tak asing lagi dengan bahan bumbu ini. Bawang putih mulai dikenal dan dipergunakan manusia selama  lebih dari 7.000 tahun, diwilayah  sekitar Laut Tengah. Juga terdapat dalam catatan Mesir kuno bawang putih digunakan sebagai bumbu masakan dan pengobatan.

Tanaman yang temasuk genus Alium ini mempunyai nama lokal di masing-masing Negara atau daerah, misalnya Da sun (Cina), Bawang (Filipina), Ninnik (Jepang), Bawang Bodas (Sunda), Bawang putih (Melayu), Aglio (Italia),  dll.
 
Manfaat Bawang Putih Dapat Mengobati Berbagai Penyakit
kesehatandia,blogspot,com
Selain itu bawaang putih dikonsumsi dengan berbagai modifikasi seperti di Negara Cina bawang putih dibuat teh yang merupakan obat untuk antibiotic dan penurun panas demam, keduian di Jepang, bawang putih dikonsumsi dengan cara dibuat dalam bentuk jus untuk kekebalan tubuh dari infeksi, selain itu bawang putih dimanfaatkan untuk meningkatkan libido, kemudian di Mesir kuno bawang putih dimanfaatkan untuk anti cape dan stamina tubuh.

Mengkonsumsi bawang putih mentah setiap hari itu sangat baik untuk kesehatan tubuh, berdasarkan dari hasil peneiltian ilmiah. Untuk lebih jelasnya inilah beberapa penyakit yang bisa disembuhkan atau dapat dicegah oleh zat-zat yang terkadung di dalam bawang putih :

1.    Mengobati dan mencegah kanker
       Hal ini dijelaskan oleh Ketua Pengatur Medis Perkumpulan Kanker Amerika  (America Cancer Society) ,Dr. Harmon Eyre. Hal senada juga dilontakan oleh Dr. John Milner, Kepala Departemen Gizi di Penn State “ Bawang putih mempunyai daya cegah sang baik terhadap resiko kanker. Bagus untuk perempuan dan juga pria, sebaiknya kita memasukan bawang putih ke bumbu masakan yang kita konsumsi setiap hari. Atau dapat  juga kita memodifikasi tepung bawang putih dimasukan kedalam bentuk kapsul”.

2.    Mencegah/mengobati Kolesterol
Kandungan zat Alicin yang terdapat pada bawang putih dapat menurunkan kadar lemak (cholesterol) dalam darah, sehingga mampu melancarkan peredaran darah dalam urat. Karena stroke dipicu oleh penyumbatan peredarah darah dalam pembuluh  ,  yang diakibatkan adanya penumpukan kerak lemak dalam urat (arteri).

3.    Mencegah Alzheimer
Kandungan zat dalam bawang putih dapat menghambat kerusakan sel otak yang disakibatkan stress. Selain efektif untuk memperlambat proses penuaan juga efektif untuk mencegah penyakit otak sperti Parkinson dan Alzheimer.

4.    Mengurangi Resiko Serangan Jantung
Menurut Dr. Matthew Budoff manfaat dari suplemen bawang putih dalam mengurangi dan mencegah pembentukan plak baru di arteri, yang dapat menyebabkan penyakit jantung.

5.    Hepatitis/Liver
Hepatitis adalah proses peradangan pada jaringan hati. Penyebab utama penyakit ini adalah virus atuau yang lainya seperti bakteri, parasit, obat-obatan kimia, alcohol, cacing atau gizi buruk. Dalam bawang putih terdapat lebih dari 200 kandungan kimia anti bacterial.

6.   Selain itu bawang putih sangat bermanfaat untuk kecantikan seperti mengobati jerawat, mengurangi rambut rontok, melindungi kulit dan rambut, anti ketombe, anti penuaan, mengurangi uban, memperkuat kuku, dll.

Nah itulah beberapa manfaat bawang putih dapat mengobati berbagai penyakit  . Semoga bermanfaat untuk kita semua.


Share Articles

Saat ini 0 comments :