Mengenal dan Cara Memainkan Kendang Sunda

17/04/17 : April 17, 2017
Baca Juga

Kendang Sunda

Mengenal dan Cara Memainkan Kendang Sunda - Sahabat yang budiman ! Setelah pada postingan terdahulu saya membuat tulisan tentang  Suling Sunda, kembali kali ini saya akan menyajikan tulisan masih mengenai alat musik Karawitan Sunda akan tetapi  saat ini dengan alat musik yang berbeda yaitu mengenal dan cara memainkan alat musik Kendang 

Mengenal Alat Musik Kendang

Untuk penulisan alat musik yang satu ini saya sengaja menuliskan denga kata Kendang bukannya Gendang , karena bagi orang sunda alat musik ini disebut kendang bukan gendang.

Saya rasa semua orang terutama orang Indonesia sudah pasti pernah melihat atau pun mendengar nama alat musik yang satu ini. 

Karena hampir semua iringan musik tradisional di Indonesia bahkan belakangan ini kendang digunakan juga sebagai alat musik ritmik pada musik dangdut disamping penggunaan tam-tam atau tabla . 

Pada artikel ini saya akan mengenalkan secara khusus dan detail mengenai kendang sunda. 

Kendang merupakan alat musik karawitan Sunda (waditra) yang ter,masuk pada kelompok alat musik ritmik karena tidak memiliki susuan nada,  terbuat dari kayu yang pada dikedua ujungnya terdapat selaput kulit. Kendang Sunda dimainkan dengan cara ditepuk oleh kedua telapak tangan.

Bahan kayu yang digunakan untuk membuat badan kendang (kuluwung) biasanya dengan menggunakan kayu pohon nangka sebagai kualitas nomor satu. 

Ukuran kendang indung biasanya antara 60 s/d 75 cm dengan diameter untuk kedua sisinya berbeda. Satu sisi kanan untuk bagian congo  kira-kira  12-14 cm sedangkan untuk sisi kiri bagian gedug sekitar 20-25 cm. Ukuran tersebut masih realtif . 

Kendang sunda

Namun beda lagi untuk kendang pengiring pencak silat memiliki ukuran yang lebih besar dari itu.

Kulit yang digunakan dikedua sisinya pun berbeda, untuk bagian yang lancip (congo) sisi kanan menggunakan kulit sapi (untuk kualitas super menggunakan kulit sapi hanalam ) sedangkan untuk bagian sisi kiri (bagian gedug) menggunakan kulit kerbau. 

Untuk menyetel kekencangan kulit di kedua belah sisinya digunakan sebuah tali yang terbuat dari kulit yang disebut dengan karawat atau rarawat. Dijalin sedemikian rupa dan terdapat semacam cincin yang disebut dengan ali-ali.

Selain kendang pokok (kendang indung) terdapat juga dua buah kendang yang ukurannya lebih kecil yang disebut dengan kulanter

Kulanter masih mempunyai sebutan khusus yang ditempatkan bersamaan dengan sisi kanan (congo) disebut panepak, sedangkan yang ditempatkan di sisi kiri (gedug) disebut katipung.
Untuk kendang Sunda dibagian sisi kiri (gedug) terdapat sebuah tali sebagai penyangga kaki (sawed).  Dari gerakan atau tekanan kaki kiri akan mengeluarkan bunyi yang berbeda-beda yang disebut dengan sentug
Menurut pendapat pribadi saya inilah salah satu keunikan karena cara memainkan kendang Sunda yang tidak terdapat pada kendang-kendang di wilayah lain di Indonesia bahkan mungkin di dunia. Bahkan belakangan ini para seniman kendang di Jawa Barat ( Komunitas Kendangers) telah mendapatkan ORI dengan menampilkan puluhan motif pukulan (tepak) kendang pada beberapa genre musik.

Fungsi Kendang


Keberadaan kendang pada karawitan Sunda berfungsi sebagai pengatur ketukan, tempo atau irama. Kendanglah yang bertanggungjawab untuk mempercepat, memperlambat atau menghentikan iringan musik atau untuk membuat aksen tertentu seperti pada pola tepak kendang jaipong. 

Kendang digunakan hampir pada semua kelompok karawitan Sunda , seperti pada iringan wayang, golek, kiliningan, pencak silat, jaipongan, celempungan, dll.

Teknik Memainkan Kendang Sunda

Cara memaikan kendang sebetulnya realatif mudah tentunya dengan melakukan latihan secara kontinyu apalagi mendapat bimbingan khusus dari pengendang professional.  Mengapa seseorang yang ingin belajar kendang harus rajin berlatih?

Untuk jawabanya sebetulnya,  untuk mempelajari apapun termasuk alat musik supaya cepat mengusainya, ya harus rajin berlatih. Karena dengan secara terus berlatih maka gerak-gerak reflex atau skill akan terasah.

Untuk dapat menimbulkan warna bunyi kendang dengan jelas, diperlukan teknik menabuh yang cermat pengolahan bunyi kendang, akan menghasilkan bunyi-bunyi tunggal sebagai berikut ;

Bengeut Gedug :

a. Bunyi dong, di tabuh oleh seluruh telapak tangan kena pada beungeut, menabuhnya “ di los” (tidak ditekan)
b. Bunyi deng, di tabuh oleh sebagian telapak tangan kena pada beungeut, menabuhnya di sentuh dan di bantu oelh tekanan tumit pada beungeut. Tinggi rendahnya nada tergantung pada kuat lemahnya tekanan tumit pada kulit beungeut.
c. Bunyi ting, istilahnya “sentug” ditabuh oleh seluruh telapak tangan kena pada beungeut, menabuhnya disentuh. Bunyi ini kadang-kadang di bantu oleh tekanan tumit pada kulit beungeut.
d.  Bunyi dedede………d, ditabuh oleh sebagian telapak tangan kena pada beungeut. Menabuhnya disentuh dan digetarkan serta dibantu dengan tekanan tumiit pada kulit beunget  kendang.
e. Bunyi du…….t, ditabuh oleh sebagian telapak tangan kena pada beungeut kendang. Menabuhnya disentuh dan dibantu dengan tekanan tumit pada kulit beungeut dari tekanan lemah menuju kuat, sehingga dalam satu pukulan terdapat lebih dari satu nada yang menyambung dari nada rendah ke nada tinggi menuju kuat.

Beungeut Kemprang (sisi bagian kendang yang lebih kecil)

a.       Bunyi pang, ditabuh oleh setengah telapak tangan yang kena pada beungeut.
b.      Bunyi plak, ditabuh oleh setengah telapak tangan kena pada beungeut . Cara 
       menabuhnya ditekan.
c.        Bunyi ping, ditabuh oleh sebagian jari kena pada beungeut. Menabuhnya    
       disentuh.
d.       Bunyi Ngu….k, ditabuh oleh ujung jari tengah dibantu oleh ibu jari.tengah
       dibantu oleh ibu jari. Menabuhnya “disorodotkeun” (berpindah tempat dari
       pinggir ke tengah beungeut).

Beungeut Katipung

a.      Bunyi Tung, ditabuh oleh sebagian jari atau telunjuk, menabuhnya dilos (lepas/tidak
   ditekan).

Beungeut Kutipplak (panepak)
a.      Bunyi  peung, ditabuh oleh sebagian jari atau telunjuk saja, menabuhnya di los.
b.     Bunyi   pak, ditabuh oleh sebagian telapak tangan menabuhnya ditekan.

Keterangan :
-       Beungeut = permukaan kulit kendang
-       Wengku   = bingkai
-       Gedug     =  sisi kendang bagian kiri (bass)

Tips Belajar Kendang Sunda Untuk Pemula

Untuk siapa pun yang punya niatan untuk memualai belajar kendang sunda terutama untuk para pemula, saya mempunyai beberapa tips untuk belajar kendang.

1.    Memilki Kendang Sendiri

Untuk para pemula yang akan memulai belajar kendang sunda saya sarankan diusahakan untuk memiliki kendang sendiri, bukan hasil pinjam. 

Beberapa keuntungan dengan anda memiliki kendang sendiri yaitu diantaranya, akan leluasa untuk belajar kapan pun dan dimana pun ada kesempatan untuk belajar anda tinggal menggunakannya. 

Ada keleluasaan pada saat pemakaian, beda lagi kalau kendang anda dapat pinjam akan sedikit merasa canggung.

2.    Punya Pembimbing

Sebaiknya anda meminta bimbingan dari seorang penggendang yang professional agar teknik dan pembelajarannya terarah dengan benar.

3.    Belajar Teknik Dasar
Sebelum berlanjut pada teknik-tenik atau motif pukulan kendang yang lebih lanjut saya sarankan belajarlah dari teknik dasar seperti cara sentug yang benar, pukulan gedug yang baik, dll.

4.    Belajar Iringan Dasar

Sebelum mempelajari motif pukulan yang lebih sulit misalnya tepakan jaipong, sebaiknya anda belajar dari bentuk iringan dasar misalnya cara menaikan cara menurukan irama , dari irama cepat (kering,) ke irama sawilet, terus menurunkan ke sawilte satengah kemudian menurukan irama ke iringan dua wilet bahakan mungkin bisa belajar ke empat wilet. 

Mengapa harus belajar iringan dasar wiletan? Karena banyak kasus seorang penggendang kuarang ahli cara menaikan, menurunkan atau bahkan dia kurang paham kapan waktu untuk memberhentikan sebuah iringan.

5.    Sering Mendengarkan MP3
Maksud sering mendengarkan mp3 itu yaitu misalnya saja anda harus sering mendengarkan bagaimana cara iringan karawitan kiliningan, jaipongan atau iringan karawitan wayang golek. 

Anda tinggal cari di google banyak rekaman  mp3 para penggendang professional yang beredar di internet.

6.    Jangan Mudah Menyerah
Belatihlah dengan ulet dan tekun, jangan mudah menyerah ingat bahwa musik bisa dipelajari. Yakinlah dengan belajar yang keras anda pasti menjadi seorang penggendang yang professional.

Nah, sampai disini dulu bahasan tentang mengenal dan cara memaikan kendang Sunda. Mungkin lain waktu saya akan update dengan memasukan notasi kendang Sunda. Semoga artikel ini bermanfaat untuk para pengunjung blog rumahbudaya.com



Pencarian Terkait :
musik kedang jaipong, kunci kendang koplo, cara belajar kendang sunda, cara bermain kendang rampak, latihan dasar kendang, dasar belajar kendang, video belajar kendang jaipong.


Share Articles

4 komentar:

  1. wah jadi tertarik main gendang saya mas hihi

    BalasHapus
  2. Hehe...siap nanti saya ajari kang ! Terima kasih kunjungannya Kang Komar

    BalasHapus
  3. Keren banget ni klau bisa main gendang, tapi gak punya gendang buat di mainin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih Gan, boleh pinjem dulu tuh kendangnya sama teman !

      Hapus