Tidak Percaya Diri Tampil di Publik? Habisi dengan 11 Cara Ini !

22/02/17 : Februari 22, 2017
Baca Juga

11 tips membangkitkan rasa percaya diri - Pernahkah Anda mengalami didera rasa gugup yang sangat luar bisa ketika Anda disuruh untuk melakukan presentasi atau berbicara di depan sebuah forum? Napas menjadi agak sesak, keluar keringat dingin, sekujur tubuh menjadi lemas, terkadang segala kalimat yang telah dirangkai sebelumnya menjadi hilang sekejap mata. 

Atau merasa kurang percaya diri saat Anda bergaul dalam suatu komunitas, walaupun orang-orang itu sering kita jumpai atu sudah kenal akrab. Jika anda mengalami hal tersebut berarti anda mengalami krisis percaya diri. 

Hal ini tidak boleh dibiarkan berlarut-larut  karena, akan mengakibatkan anda sulit bersosialisasi dengan orang banyak maka lambat laun akan menyulitkan Anda untuk membuka potensi. Terlebih ketika Anda bercita-cita untuk menjadi seorang public figur.

Tidak Percaya Diri Tampil di Publik? Habisi dengan  11 Cara Ini !
Gambar :Pixabay.com

Rasa gugup yang berlebihan adalah bagaikan dua sisi mata uang dengan rasa kurang percaya diri. Mengapa demikian? Karena seorang yang merasa rendah diri (tidak percaya diri) akan selalu menutup segala potensi yang dipunyainya. 

Dia akan merasa dirinyalah yang paling bodoh, paling tidak bisa melakukan sesuatu, paling…paling..dan paling. Sehingga tidak mampu melihat bahwa dirinya pun memiliki keistimewaan yang mungkin tidak dimiliki oleh orang lain. 

Ketika anda tidak lagi menempatkan diri Anda secara isitimewa maka deraan rasa gugup yang berlebihan atau kesulitan untuk bergaul yang diakibatkan dari rasa kurang percaya diri akan terus menghantui hidup Anda.

Tentunya hal kuranya kepercayaan diri bukan bakat bawaan dan bukan pula hal yang patut Anda pelihara. Perlu adanya upaya untuk menghabisi rasa kurang percaya diri. Bagi Anda yang mempunyai keinginan untuk terbebas dari krisis kurang percaya diri, saran saya silakan lanjutkan dengan membaca beberapa tips yang sudah saya catat di bawah ini :

11 Cara Agar Tampil Percaya Diri Di Publik

1.     Fokuskan pikiran untuk hal-hal positif

Rasa kecemasan dan ketakutan adalah penyumbang terbesar terhadap krisis kurang pecaya diri yang Anda alami. Jika kesemasan dan ketauktan terus Anda pelihara maka dijamin Anda akan semakin terlempar ke lembah keterpurukan. Semaksimal apa pun persiapan Anda ketika akan melalukan presetasi atau ujian maka semuanya akan lenyap dibakar rasa cemas dan takut.

Takut dan cemas itu adalah pikiran negatif yang tak berguna apa pun untuk Anda. Sebaiknya daripada disibukan dengan khayalan-khayalan  mengerikan seperti ;bagaimana besok seandainya saya jika tidak dapat menjawab pertanyaan penguji,bagaimana jika saya gagal. Lebih baik segera fokuskan pikiran anda untuk mengusai materi yang akan dipresatasikan atau diujikan.  Karena bagaimana pun meledaknya rasa percaya diri seseorang jika tidak menguasai materi yang akan kita paparkan di depan public tentu saja dengan mempermalukan diri sendiri.

2.    Berdo’a

Bagi umat beragama berdoa adalah salah satu cara untuk membuat kita lebih percaya diri. Mintalah pada Tuhan untuk meberikan kelancaran pada kegiataan yang akan kita lakukan. Atau misalnya dengungkan pada diri Anda kalimat-kalimat yang dapat membuat kita lebih percaya diri. Misalnya saja kalimat “ Saya pasti bisa !” ucapakan bebrapa kali sesaat sebelum Anda tampil di depan public.

3.    Carilah Alasan yang mebuatmu punya kelebihan dari orang lain

Untuk mendapati rasa percaya diri sebaiknya anda menamkan energy positif  secrara terus menerus pada diri Anda yakinlah bahwa setiap manusia sudah dibekali dengan segala keunggulannya dibalik kelemahnya. Utntuk itulah harus dilakukan beberapa upaya untuk merasa dan meyakinkan bahwa diri Anda pun memiliki kelebihan dibandingkan dengan orang lain.

Dengan memahami bahwa dirimu berharga dimata orang lain lambat laun akan akan membangkitkan rasa percaya akan diri sendiri sehingga Anda akan tampil lebih percaya diri dalam pergaulan.  Carilah metode tersendiri yang dianggap epektif misalnya dengan melakukan perenungan, olahraga atau pun sekedar membantu membuat solusi untuk permasalahan temanmu.

4.    Buatlah Prestasi Sederhana

Selanjutnya buatlah prestasi sederhana. Maksudnya hal ini untuk membantu mengevaluasi kemampuan diri sendiri. Misalnya saja hari ini Anda telah bisa membuat sebuah puisi atau membantu ibumu membetulkan kabel strikaan yang terlepas, atau  pencapaian –pencapaian kecil yang membuat diri Anda semakin percaya akan pontesi yang dimiliki sehingga membuat dirimu bangga.

6. Jangan menilai kesempurnaan dari orang lain

Jangan sekali-kali anda mengukur kesempurnaan dari orang lain. Karena sesungguhnya semua manusia mempunyai perbedaan keunggulan dan kelemahannya. Banyak kita jumpai atau kita lihat beberapa orang yang sukses misalnya jadi artis atau jadi pelawak yang justru memaksimalkan segala kelemahan atau kekurangan drinya menjadi kelebihan atau keistimewaan  yang tidak dimiliki orang lain.

Jadi jangan meredahkan diri kita hanya karena Cuma ingin telihat sempurna, jika perasaan bahwa orang lain lebih sempurna maka selama itu pula kita tidak akan pernah menemukan keistimewaan yang dimilik diri kita.

5.    Perhatikan Body Language (Bahasa tubuh )

Hal yang mudah diterka tantang diri kita adalah dari bahasa tubuh kita sendiri . Orang yang memiliki rasa percaya diri yang tinggi akan mudah dilihat dari setiap gerak tubuh dia.
Ketika anda menuju sebuah mimbar  atau temapt untuk melakukan pidato misalnya usahakan kuasai gerak tubuh anda. Berjalanlah dengan tegak dengan langkah  pasti untuk mengesankan kewibawaanmu. Jangan membungkuk serta selalu melihat kea rah bawah ini akan kurang baik untuk auramu. Bicaralah dengan nada terkontrol, kuasai artikulasi, speed reading, pharsing dll.

6.    Perluas Pengetahuan Anda

Ketika Anda mampu memperluas pengetahuan secara perlahan akan membuat anda semakin percaya diri. Anda akan nyaman bergaul dengan berbagai latar belakang teman Anda, tentunya akan semakin supel pula pergaulan Anda .  ambil contoh lain jika Anda seorang mahasisiwa ketika anda mampu menjawab pertanyaan dari dosen dengan benar  maka rasa percaya dirimu akan semakin meningkat.

7.    Maksimalkan perencanaan dan persiapan

Suatu kegagalan dalam sebuah usaha kita tentu akan sedikit menurunkan kepercayaan diri.  Hal ini  banyak juga dirasakan oleh setiap orang. Bagaimana menghindari kegagalan ? Ingat kata bijak “ gagal merencanakan sama dengan merencanakan kegagalan”. Maka sebaiknya kita harus memaksimalkan segala perencanaan agar kita terhindar dari kegagalan yang dapat menyebabkan berkurangnya rasa percaya diri..

Misalnya ketika kita akan melaukakan prsentasi dihadapan bos perusahaan kita . Maka sebaiknya jauh-jauh hari kita harus segera mempersiapkan segala seuatunya agar presentasi kita berjalan lancar dan mendapatkan hasil yang direncanakan.

8.    Penampilan Mempengaruhi Rasa Pecaya Diri

Walaupun penampilan bukan segalanya akan tetapi penampilan Anda akan menyumbang
meningkatkan rasa percaya diri. Jika Anda dipercaya untuk menjadi pembawa acara (MC) pada sebuah
acara yang dilaksanakan oleh perusahaan Anda. Langkah pertama adalah persiapakan sebaik munkin
kostum atau pakaian yang akan anda pakai pada cara tersebut.

Dengan tampilan anda yang rapi , segar dipandang mata, tentu saja akan membuat banyak orang kagum. Sehingga berpotensi untuk meningkatkan rasa percaya diri.


9.    Manfaatkan energy positif dari sebuah senyuman 

Selalu menebar senyuman akan membuat harimu lebih positif . karena senyum memeiliki energy postif untuk memancarakan rasa bahagia bukan hanya untuk diri Anda saja namun untuk lingkungan orang disekitarmu .  


10.Perhatikan Kecepatan Berbicara

Mengawali sebuah presetasi hendaknya jangan terlalu dengan kecepatan berbicara anda tidak terkontrol atau terlalu berapi-api. Tapi hendaklah dengan selalu mengontrol speed pembicaraan. Bicaralah secara perlahan dengan speed yang terkontrol ini akan membantu anda untuk lebih percaya diri. Coba saja perhatikan para pejabat publik atau orang cendikiawan dia akan bicara dengan perlahan sehingga terhindar dari salah ucap atau lebih dapat mengontrol emosi.

11. Melakukan Eye Kontak

Ketika Anda melakukan sebuah presentasi atau berorator hendakanya jangan pernah membuang pandangan mata Anda selain kepada para audien. Lakukanlah eye contact atau tataplah setiap wajah-wajah audien hal ini mengindikasikan bahawa anda mempunyai rasa percaya diri yang tinggi.
Tips ini juga dapat anda lakukakan ketika anda sedang dites wawancara. Pandanglah tatapan mata si pewawancara agar anda terhindar dari gugup.
Simpulan :
-          Timbulnya rasa tidak percaya diri seringanya akibat dihakimi oleh diri kita sendiri. Sering membandingkan sebuah ukuran kesempurnaan kepada orang lain dapat mengikis rasa pecaya diri Anda.
-           Yakinlah pada kekuatan, keistimewaan yang telah dianugrakan pada setiap manusia .
-          Selalu berusaha untuk memeperluas pengetahuaan kita
-          Belajarlah untuk membangkitkan potensi diri kita.
-          Seringnya anda tampil di depan audien banyak tentu hal yang baik untuk melatih rasa percaya diri Anda.

Itulah artikel sederhana saya tentang 11 tips membangkitkan rasa percaya diri, semoga bermanfaat !

Share Articles

2 komentar:

  1. Perna kang pas itu baru pertama kali aku bicara didepan orang sekitar 200 orang, yang menjadi motivasi ku adalah aku mengusahai permasalahan ini, mereka hanya mendengarkan saja.. biasanya aku bicara setiap hari sebelum cuma 10 orang kalau briffing aja

    BalasHapus
  2. Betul gan, salah satu pembangkit rasa percaya diri adalah ketika kita betul-betul menguasai materi topik pembicaraan. Anggap saja sementara itu kita yang paling paham wkwk..Salam sukses terima kasih kunjungannya gan.

    BalasHapus