Tumis Kiciwis “Ronggeng” ala Ayuga

13/01/17 : Januari 13, 2017
Baca Juga
Nama uciwis atau kiciwis sebutan populer untuk masyarakat Majalengka adalah sejenis sayuran berbentuk seperti sawi atau kubis akan tetapi memiliki ukuran yang lebih kecil.

Kiciwis ini sebenarnya berasal dari pucuk-pucuk kol atau kubis yang sengaja diambil supaya kol atau kubis tersebut bisa berkembang dengan baik. 

Selain bisa diolah menjadi berbagai menu masakan sayuran ini juga dapat disajikan sebagai lalapan coel sambel cara mengolahnya pun sangat praaktis yaitu cukup dicuci bersih kemudian direbus.
tumis kiciwis ronggeng ala ayuga
Rebus Kiciwis

Sobat, sebelum kita membahas cara mengolah /memasak sayuran kiciwis ini alangkah lebih baiknya kita juga mengetahui manfaat-manfaat yang terkadung dalam sayuraan yang satu ini. 

Cuciwis atau Kiciwis selain lezat untuk dimasak juga mengandung beberapa khasiat diantaranya yaitu; dapat menurunkan kadar kolesterol, mengurangi resiko penyakit katarak, memperlancar proses pencernaan, mencegah berbagai penyakit kanker, membersihkan kadar kolesterol dalam darah, dll.

Oiya hampir lupa, mengenai ihwal sebutan tumis kiciwis ini. Nama tumis kiciwis ronggeng ini sebenarnya julukan khusus dari anggota sanggar karena hampir setiap usai proses latihan di sanggar, menu tumis kiciwis ini pasti dihidangkan. 

Nama ronggeng diambil karena  Ayuga si juru koki setiap menciptakan karya tari pasti menggunakan nama ronggeng. Nah , dari situlah sehingga muncul nama tumis kiciwis ronggeng ini bermula.

Nah sekarang kita akan membahas cara-cara memasak tumis kiciwis ‘ronggeng’ ala Ayuga.

A.Bahan-bahan/ bumbu
1.Sayur kiciwis secukupnya
2.Gula pasir
3.Tomat
4.Cabe merah
5.Bawang putih
6.Cabe rawit atau cengek
7.Garam
8.Penyedap rasa (mecin)
9.Laja (lengkuas)

B.Cara Memasak
1.Cuci bersih kiciwis sampai bersih kemudian iris (jangan terlalu kecil).
2.Tumis bumbu yang telah diiris bawang merah, bawang putih, lengkuas,cabe merah dan cabe rawit  (cengek) sampai tercium  wangi.
3.Kemudian masukan uciwis atau kiciwis yang sudah diiris aduk-aduk kemudian bubuhkan gulapasir, garam, mecin secukupnya.
4.Terakhir sajikan.
Tumis Kuciwis Ronggeng ala Ayuga


Jadi deh, tumis kiciwis ala  Ayuga. Selamat mencoba dijamin endoollle..hehe.
Semoga bermanfaat !


Share Articles

Saat ini 0 comments :